Murid Bodoh Vs Pinter

Kamis, 13 Desember 2012 | komentar


Copasbook - Di sebuah padepokan di China pernah hidup seorang Guru yang sangat dihormati karena kebijaksanaannya. Suatu hari, dua murid menghadap sang Guru. Mereka bertengkar hebat dan hampir beradu fisik. Yang mereka ributkan adalah tentang hitungan 3x7.
Murid pandai mengatakan hasilnya adalah 21, sedangkan murid bodoh ngotot 27. murid bodoh menantang murid pandai dan meminta sang Guru menjadi juri untuk mengetahui siapa yang paling benar di antara keduanya.

Murid bodoh menyeletuk dengan yakin, “Jika saya yang benar bahwa hasil 3x7 adalah 27, maka engkau harus mau dicambuk 10 kali oleh Guru. Tetapi jika jawabanmu yang benar, yaitu 21, maka saya dengan senang hati akan memenggal kepala saya sendiri… Hua.. ha.. haa..” Murid bodoh menantang sambil tertawa dengan penuh kepercayaan diri.

Mendengar pernyataan murid bodoh, sang Guru pun kaget. Ia tersenyum dan berdiri. Sejurus kemudian Guru mencambuk sepuluh kali murid pandai, yang menjawab hasil perkalian adalah 21. Murid pandai terkejut bukan kepalang dan memprotes sikap Guru. “Ini tidak adil! Jawaban saya yang benar, tapi mengapa Guru justru menghukum saya?
Sang Guru menjawab, “Hukuman ini bukan untuk hasil hitunganmu, tapi untuk KETIDAKARIFANMU yang mau berdebat dengan orang bodoh yang tidak tahu kalau 3x7 adalah 21!” Ia melanjutkan, “Lebih baik melihatmu dicambuk dan menjadi ARIF daripada harus melihat satu nyawa terbuang sia-sia.”

Nah, dari kisah di atas, ada yang bisa kita ambil sebagai pesan moral. Jika kita sibuk memperdebatkan sesuatu yang tak berguna, berarti kita sama salahnya, atau bahkan lebih salah, daripada orang yang memulai perdebatan. Sebab, dengan sadar kita membuang waktu dan energi untuk hal yang tidak perlu. Bukankah kita sering mengalaminya?

Itu bisa terjadi dengan pasangan hidup, tetangga, atau kolega. Berdebat atau bertengkar untuk hal yang tak berguna hanya menguras energi. Ada saatnya kita diam untuk menghindari perdebatan atau pertengkaran yang sia-sia. Diam bukan berarti kalah, bukan?
Anda sedang membaca artikel tentang Murid Bodoh Vs Pinter dan Anda bisa menemukan artikel Murid Bodoh Vs Pinter ini dengan URL http://copasbook.blogspot.com/2012/12/murid-bodoh-vs-pinter.html, Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copypaste-nya jika artikel Murid Bodoh Vs Pinter ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Murid Bodoh Vs Pinter sebagai sumbernya.
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Tambahkan Kritik Dan Saran Anda. Kritik dan Saran Anda Sangat Bermanfaat Bagi Kami. Terimakasih.
Happy Blogging ..!

 
Support : Creating Website | Johny Template | CopasBook
Copyright © 2011. CopasBook - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger