Fungsi Pura Sebagai Tempat Suci

Kamis, 31 Januari 2013 | komentar

Tanah Lot

Secara umum dapat dinyatakan bahwa fungsi tempat suci adalah sebagai sarana untuk memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta seluruh manifestasinya dan juga sebagai tempat memuja roh suci leluhur dengan berbagai macam tingkatannya.
            Sedangkan secara khusus fungsi tempat suci adalah serana untuk meningkatkan kualitas umat manusia, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk social. Hubungan secara individu ini berfungsi untuk mengkomunikasikan Sang Hyang Atma yang ada pada diri manusia dengan Tuhan yang maha esa sebagai sumbernya.
            Tempat suci yang suci adalah tempat suci yang memiliki unsure – unsure kesucian serta dapat menggetarkan kesucian Sang Hyang Atman yang bersemayam di dalam Padmahrdaya setiap individu.
            Disamping berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kesucian umat manusia secara individu, tempat suci umat hindu juga dapat difungsikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kesucian umat manusia sebagai makhluk social. Tempat suci berfungsi sebagai sadhana untuk meningkatkan berbagai macam ketrampilan umat manusia, tempat odalan, upacara keagamaan seperti Galungan, Kuningan, Saraswati, dll. Jenis ketrampilan yang dapat dikembangkan, seperti ketrampilan mengatur berbagai kegiatan (Managerial skill) dan ketrampilan tekhnis (technical skill) yang terkait dengan kegiatan upacara agama tersebut.
Anda sedang membaca artikel tentang Fungsi Pura Sebagai Tempat Suci dan Anda bisa menemukan artikel Fungsi Pura Sebagai Tempat Suci ini dengan URL http://copasbook.blogspot.com/2013/01/fungsi-pura-sebagai-tempat-suci.html, Anda boleh menyebarluaskannya atau meng-copypaste-nya jika artikel Fungsi Pura Sebagai Tempat Suci ini bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Fungsi Pura Sebagai Tempat Suci sebagai sumbernya.
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Tambahkan Kritik Dan Saran Anda. Kritik dan Saran Anda Sangat Bermanfaat Bagi Kami. Terimakasih.
Happy Blogging ..!

 
Support : Creating Website | Johny Template | CopasBook
Copyright © 2011. CopasBook - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger